Jumat, 11 Maret 2016




Melatih Diri Melayani dengan Hati #1
Oleh: Bagus Putra Panuntun, Anggota Korps Relawan Salman ITB.
Menjadi penghuni asrama berarti menjawab seruan amanah menjadi pelayan ummat. Bagaimana tidak? Asrama ditujukan untuk mencetak kader terdepan aktivis di Salman. Sudah seharusnya, akivis masjid memiliki orientasi lebih kepada masjid tempatnya beraktivitas. Seorang penghuni asrama adalah percontohan dari seluruh aktivis yang ada di Salman. Menjadi seorang penghuni asrama berarti menjawab tantangan untuk menjadi seorang ‘pembantu’ yang dengan ssukarela menghibahkan hati da tenaganya unuk menjadi pelayan ummat.
Tidak setiap orang dapat lulus menjadi penghuni asrama. Calon penghuni asrama harus melewati beberapa tahap seleksi yang cukup ketat untuk menjadi penghuni asrama. Melalui beberapa tahap itu, dipilihlah penghuni asrama yang merupakan aktivis yang potensial menjadi penggerak aktivis di Salman.
Menjadi penghuni asrama berarti melatih diri. Di asrama, para penghuni menerima banyak sekali bidang pembinaan. Mulai dari ketakmiran, bagaimana mengurus masjid, menjadi muadzin dan imam serta memberikan pelayanan peminjaman mukena yang baik dan benar. Lalu pembinaan bahasa arab. Penghuni dilatih untuk membiasakan diri berbahasa arab dengan lancar, tentunya dengan pembina yang tepat. Lalu tidak kurang dengaan pembinaan rutinan berupa kajian ta’lim setiap sabtu pagi selepas salat shubuh. Penghuni asrama dikumpulkan dan dikayakan dengan materi yang mengingatkan kembali arti menjadi seorang pelayan ummat.
Itu tadi bukanlah suatu hal yang main-main. Para penghuni benar-benar ditempa menjadi baja yang kuat agar kelak dapat benar-benar menjadi pelayan jamaah. Hal ini merupakan jalan yang dilalui untuk menyentuh dimensi dakwah yang hakiki. Agar kelak para penghuni dapat mengerti bahwa mereka tidak hanya ‘numpang’ di asrama, tetapi juga disiapkan untuk memiliki hati yang tulus dalam melayani setiap kebutuhan ummat.

Bersambung…

0 komentar:

Posting Komentar

Clock

Categories

About

Jl. Ganesha 7 Bandung – 40132 Tlp. 022-2530708, Fax. 022-2500042 email: info@salmanitb.com www.salmanitb.com

Popular Posts