Kamis, 10 Maret 2016




KORSA atau Korps Relawan Salman ITB merupakan sebuah organisasi semi otonom di bawah naungan Rumah Amal Salman ITB yang bertugas memfasilitasi SDM sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas dalam kegiatan-kegiatan kerelawanan. Kegiatan-kegiatan tersebut sebagian besar berkaitan dengan proses penanganan bencana, mulai dari program Pendidikan Latihan Dasar Relawan, edukasi siaga bencana, emergency, dan recovery pasca bencana, serta program pelayanan dan pengembangan masyarakat melalui kegiatan bakti sosial, donor darah.


Bencana alam adalah bencana/musibah yang diakibatkan oleh gejala-gejala alam, seperti banjir, angin ribut, kebakaran, tsunami dan lain-lain. Sedangkan bencana sosial adalah bencana kemanusiaan yang terjadi di luar bencana alam. Bencana sosial meliputi kelaparan, wabah penyakit, kebodohan, kemiskinan dan lain-lain. Korsa membagi wilayah kerja, yang berpengaruh pada penanganan bencana yang akan diberikan. Saat ini Korsa memiliki tiga cakupan wilayah kerja, yaitu:

Wilayah 1 mencakup Kota Bandung secara keseluruhan. Dalam wilayah ini tim Korsa akan melakukan tindakan mitigasi dan penanganan bencana secara penuh bila diperlukan.
Wilayah 2 mencakup Provinsi tempat Rumah Amal beraktivitas, yaitu Provinsi Jawa Barat dan Jakarta. Dalam wilayah ini, Korsa akan membantu dalam memulihkan dampak bencana.
Wilayah 3 mencakupi wilayah nasional Republik Indonesia. Dalam wilayah ini, Korsa akan memberikan bantuan sesuai kemampuan, minimal lewat pengumpulan dana.


Pembagian lingkup pekerjaan ini mengacu pada konsep penanganan bencana Total Disaster Risk Management.

Anggota Korsa sendiri terdiri atas Kader Bangkit, mahasiswa dari berbagai universitas dan relawan lain yang secara sukarela bergabung.


0 komentar:

Posting Komentar

Clock

Categories

About

Jl. Ganesha 7 Bandung – 40132 Tlp. 022-2530708, Fax. 022-2500042 email: info@salmanitb.com www.salmanitb.com

Popular Posts