Jumat, 11 Maret 2016

                   

Seleksi Beasiswa Perintis tahap 2 sudah digelar Ahad (20/12) lalu. Dari hasil try out ini akan terpilih 800 peserta terbaik yang akan menghadapi seleksi tahap 3 pada 24 Januari mendatang.
Mamat Arrahman, Staff Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Salman ITB mengatakan bahwa pada try out ketiga tersebut akan diambil 250 peserta terbaik. “Mereka akan mendapatkan bimbingan belajar gratis dan stadium general terpusat di Salman Februari mendatang,” ujarnya, Jum’at (25/12).
Seperti tahun-tahun sebelumnya, selain mendapat bimbingan belajar gratis, peserta terpilih pun akan diberi pembekalan dunia perkuliahan lewat kuliah umum. Setelahnya, Mamat memaparkan, peserta akan diseleksi tahap akhir untuk mendapatkan 100 besar.
Beasiswa Perintis sendiri merupakan beasiswa untuk siswa-siswi berprestasi, diutamakan penerima bidik misi. Seratus peserta terbaik akan diasramakan selama satu bulan dalamLearning Camp. Mereka akan dibimbing dan diberi arahan agar bisa lolos masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diinginkan.
Tidak sedikit beswan perintis yang mendapat “tiket masuk” PTN lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).  Ada saja mereka yang baru tinggal selama dua minggu di Learning Camp dan sudah mendapatkan kesempatan tersebut. Ada pula yang pulang ke rumah dan meninggalkan Learning Camp  di tengah jalan. Namun tidak sedikit yang menlanjutkan sampai selesai.
Selama Beasiswa Perintis digelar, hasil yang diraih para beswan pun memuaskan. Lebih dari setengahnya mereka lolos masuk PTN favorit. Namun jangan khawatir, Mamat mengatakan bahwa LPP sendiri akan membantu mereka yang tidak lolos untuk masuk ke universitas swasta secara gratis sampai sarjana. Salah satu caranya, lewat program Bidik Misi.
Banyak juga alumni Beasiswa Perintis yang menjadi unggulan di kampusnya masing-masing. Salah satunya Ilmi Mayuni Bumi, Alumnus Beswan Perintis 3. Mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini pernah menjadi salah satu delegasi dari ITS dalam perhelatan Harvard National Model United Nations (HNMUN) 2015 di Boston, Amerika.[ed: Dh]

0 komentar:

Posting Komentar

Clock

Categories

About

Jl. Ganesha 7 Bandung – 40132 Tlp. 022-2530708, Fax. 022-2500042 email: info@salmanitb.com www.salmanitb.com

Popular Posts